jump to navigation

Kembaran Windows Muncul, Harta Dikuras Trojan 13/05/2007

Posted by oasisnet in Berita Utama.
trackback

Rabu , 09/05/2007 13:00 WIB
Lathiefa Nur Ilma – detikInet

Jakarta. Sebuah trojan baru kembali muncul. Kali ini ia menyerupakan diri dengan pesan anti pembajakan dan aktivasi ulang hingga akhirnya mencapai tujuannya, mendapat informasi kartu kredit.

Menurut data yang dihimpun oleh perusahaan keamanan komputer, Symantec, trojan baru yang bernama Trojan.Kardphiser ini membuat kembaran screen Windows dengan pesan berjudul ‘Microsoft piracy control’. Setelah itu, trojan ini menginformasikan pada pengguna bahwa salinan Windows mereka telah diaktivasi oleh pengguna lain sehingga harus diaktiavsi ulang.

 —– Read —–

Instruksi yang diberikan diantaranya berbunyi “To help reduce software piracy, please reactivate your copy of Windows now. You must activate Windows before you can continue to use it.”

Pengguna hanya memiliki 1 kemungkinan. Melakukan aktivasi ulang melalui Internet sesegera mungkin atau dikemudian waktu. Jangan harap dapat menutupnya, karena tak ada satupun aplikasi yang dapat dijalankan. Fitur Task Manager juga tak dapat diandalkan untuk menutup paksa sang Trojan.

Apa yang terjadi jika aktivasi ditunda? Sistem akan mati secara otomatis. Dan jika pengguna melakukan aktivasi ulang yang palsu, maka akan muncul layar bertuliskan permintaan informasi pribadi termasuk nomor kartu kredit, lokasi dan bahkan PIN ATM.

Informasi tersebut kemudian tanpa sepengetahuan pemilik, akan terkirim kepada si pelaku kejahatan.

Symantec, dikutip detikINET dari NewsFactor, Rabu (9/5/2007) menyatakan Trojan varian tersebut menginfeksi Windows XP, Windows 2000, Windows Server 2003 dan bahkan seri Windows lama seperti 95, 08 dan NT.

Symantec juga sedang merilis cara untuk menghapus trojan ini, sementara itu beberapa peneliti menyarankan untuk memasukkan informasi palsu kedalam form ‘aktivasi’.

Windows memang terkadang membutuhkan aktivasi ulang jika terjadi perubahan penting seperti upgrade hardware. Namun yang terpenting adalah Windows tidak pernah meminta pengisian tentang informasi keuangan pengguna.

“Trojan ini mengajari kita satu hal, jangan percayai siapapun,” ujar Takashi Katsuki dari Symantec yang ditulis dalam blog perusahaan.(lni/wsh)

Comments»

1. Daddy - 29/05/2007

Trojan apaan tuch????
bisa minta sampelnya ga?

2. oasisnet - 14/06/2007

maaf baru saya balas
Trojan, seperti namanya, berwujud seperti program-program yang menarik dan dibutuhkan, seperti archiver, image-viewer, ato game-game kecil, namun ketika program tersebut dijalankan maka akan menjalankan sub-program yang ada didalamnya, bayangkan kalo sub-programnya bisa mencuri data penting perusahaan, hmmmmm, bahaya kan? makanya jangan sekali-sekali maen game atau men-download dan menjalankan program yang aneh-aneh di internet, apalagi dari situs-situs pembajak.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: