jump to navigation

Tips Mengubah Tampilan Dekstop FlashDisk (Bagian II) 25/05/2007

Posted by oasisnet in Tip's n Trik's Windows.
trackback

Sebelumnya saya minta maaf apabila artikel ini dianggap jelek atau tidak bermutu. Bagi yang sudah professional diharap tidak membaca artikel ini karena bisa membuang-buang waktu dan duit anda.

Pada artikel ips Mengubah Tampilan Dekstop FlashDisk (bagian I) hanya menunjukkan cara mengubah tampilan background saja. Bagaimana jika kita ingin mengubah warna teks ? Nah anda tinggal sedikit memodifikasi isi file desktop.ini milik Monica. Cari bagian yang bertuliskan
—- more —-
IconArea_Text=0xcc00aa

cc00aa adalah kode hexa untuk warna ungu. Jadi jika anda ingin mengubah warna teks dari ungu menjadi warna lain, anda tinggal mengubah cc00aa menjadi kode hexa untuk warna yang lainnya. Misal, anda ingin mengubah warna teks menjadi warna putih maka ganti 0xcc00aa menjadi ffffff. Maka hasilnya seperti :

IconArea_Text=0xffffff

Ffffff adalah kode hexa untuk warna putih.Bila anda tidak tahu atau tidak hapal kode hexa, anda dapat melihatnya pada frontpage. Caranya, klik pada Font Color (dropdown menu) lalu pilih More Color… lalu klik pada warna yang anda inginkan lalu lihat pada Value, maka akan terlihat kode hexa untuk warna yang anda pilih. Misal, warna putih, maka akan terlihat : Hex={FF,FF,FF} , maka kode hexa warna putih adalah FFFFFF. Itu tadi hanya mengubah warna teks. Oh ya pada artikel Monica, hanya mengajarkan bagaimana cara mengganti gambar background yang file gambarnya tidak berada dalam folder. Bagaimana bila gambar milik kita ada dalam folder ? Gampang ! ganti saja (misal, gambar bernama cover.jpg dan berada dalam folder gambarku) :

IconArea_Image=cover.jpg

Menjadi

IconArea_Image=\gambarku\cover.jpg

Nah, gampang khan ?.

*Last Word*
Bukannya saya sok pintar atau sok jago, saya hanya ingin membagi pengalaman dengan teman-teman semua. Untuk itu saya mohon maaf bila artikel ini dianggap jelek atau kurang bermutu. Untuk Monica Octavia, saya mohon maaf bila artikel ini dianggap kurang berkenan, saya hanya ingin melengkapi saja dan tidak bermaksud sok pintar dan sok jago.
Sampai Jumpa !!!

Comments»

1. sai - 30/05/2007

artikelny bgs k’ mksh artikel ny ya, berkat artikel ini aq tdk bosan klo buka data di flash q tetap berkreasi ya……..

2. ayi gaptek - 21/06/2007

bagus mas !! itu berguna bagi saya …
karna saya memang gaptek !!
mkasih mas !!

3. oasisnet - 21/06/2007

thank’s atas perhatiannya ya…….

4. firman - 26/08/2007

gimana mas saya udah ganti picnya dgn nama itu tapi ko ga ngrubah tampilan background di flasdisk saya ……

5. BundaZulfa - 26/09/2007

thanx ya artikel nya..

6. PriaUdik - 29/10/2007

Selamat ulang tahun Yaa..

(Lhoo???)

7. supre - 02/03/2008

mas di mana letak melihat kode warna teksnya saya kurang mengerti yang di tulis mass

8. Elisabeth - 23/05/2008

Warna yang lain koq ga ada tuh kodenya???Ksh info lbh detail donk…

9. oasisnet - 27/05/2008

Bila anda tidak tahu atau tidak hapal kode hexa, anda dapat melihatnya pada frontpage mas elisabets

10. dede - 26/06/2008

kode 0x tetep, yg d ubah d blkng 0x nya contoh :
0x000080 = biru tua
0x0000FF =biru
0x00FFFF = biru muda
0xFF00FF = pink
0xFFFF00 = kuning

11. dede - 26/06/2008

ooo…iya di atas X nya harus kecil

12. farid - 01/07/2008

wah bagus juga…tapi akan mengalami kesulitasn ketika akan merubah warna font nya kalau tidak tau kode hexa/warna untuk fontnya…akan lebih mudah pakai sofware..ada kok sofwarenya dan banyak lagi dan dapat di download di internet….kalau tertarik akan sofwarenya kirim email saja ke out_law@telkom.net akan senang membantu… :}

13. Ahmad - 01/09/2008

Mas saya masih bingung. Sebab hasil praktek desktop saya masih blm smpurna. Gambar backgroudnya jadi empat bagian yang menyatu, ngga full satu gambar. Gimana ya mas??

Kalo diperbolehkan saya minta sarannya…!!!

14. ara - 11/11/2008

thanks ya artikelnya

15. juliojakers - 07/12/2008

maksudnya melihat di frontpage bisa d perjelas >?<
klo ada jalan lain mengubah warna font tolong kabari y!!!

16. emoh - 10/01/2009

mas mu tanya dunk ..
klo font FD bisa d ganti gug ?
misalnyah warna nyah jadi warna hitam
nampak pucing cz backgrounyag warna hitam font nyah warna ungu


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: